Perbaikan Proses Bisnis Onboarding Pelanggan di PT SEVIMA Menggunakan Heuristic Redesign
Main Article Content
Abstract
Startup seringkali menghadapi tantangan dalam pengelolaan sumber daya manusianya dalam lingkungan yang dinamis dan menerapkan knowledge-intensive process, termasuk PT Sentra Vidya Utama (SEVIMA). PT SEVIMA mengalami tantangan ini dalam proses onboarding-nya, di mana penunjukkan Account Manager (AM) terkadang tidak selaras dengan kebutuhan dari klien. Studi ini mengusulkan perbaikan proses bisnis dengan pendekatan siklus Business Process Management (BPM) untuk menjawab tantangan tersebut. Prinsip-prinsip heuristik principles, yang terdiri dari Resequencing, Specialize, Control Addition, and Empower, diterapkan untuk meningkatkan proses bisnis. Hasil penelitian ini berupa rekomendasi perbaikan proses onboarding di PT SEVIMA, yang meliputi pengelompokan AM berdasarkan spesialisasi, pencocokan AM dengan kebutuhan klien yang diidentifikasi melalui survei awal, keterlibatan tim migrasi sejak tahap awal, pemindahan survei klien ke sebelum penunjukkan AM, serta evaluasi pasca-proyek untuk menyusun profil spesialisasi dan mengidentifikasi peluang peningkatan. Perbaikan ini bertujuan untuk mengatasi masalah manajemen SDM, sembari meningkatkan efisiensi onboarding dan kepuasan klien.
Article Details
Copyright
All rights reserved. No part of this publication may be reproduced, stored in a retrieval system or transmitted in any form or by any means electronic, mechanical, photocopy, recording or otherwise, without the prior written permission of the journal.