Analisis Intensi Perilaku untuk Mengadopsi dan Merekomendasikan Aplikasi Mobile Payment dengan Metode Structural Equation Modelling

Main Article Content

Andre Parvian Aristio
Mudjahidin Mudjahidin
Nasywa Ibtisamah

Abstract

Abstract


A survey conducted by the G4S company stated that cash-using transactions still dominate in Indonesia and reach 50-55 percent. Indonesian people should turn to mobile payments which will have an impact on economic efficiency. This study aims to identify the structural effects of DOI, UTAUT2, and PTS models on BIA to adopt e-wallet-based mobile payment applications at Go-Pay and OVO. The second objective is to make structural identification of the BIA influence on BIR for the use of e-wallet-based mobile payment applications at Go-Pay and OVO. The results achieved in this study is that the intention to adopt (BIA) behavior is significantly influenced by the latent compatibility variable with a coefficient value of 0.330. While innovativeness and perceived technology security have a positive but not significant effect on BIA variables. The variable intention intention to recommend (BIR) is significantly positively influenced by the latent BIA variable and has an effect of 0.880.


Abstrak


Sebuah survei yang dilakukan oleh perusahaan G4S menyebutkan bahwa transaksi menggunakan uang tunai masih mendominasi di Indonesia dan mencapai 50-55 persen. Masyarakat Indonesia seharusnya beralih pada mobile payment yang akan berdampak pada efisiensi ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh struktural model DOI, UTAUT2, dan PTS pada BIA untuk mengadopsi aplikasi mobile payment berbasis e-wallet pada Go-Pay dan OVO. Tujuan yang kedua yaitu melakukan identifikasi struktural pengaruh BIA terhadap BIR untuk penggunaan aplikasi mobile payment berbasis e-wallet pada Go-Pay dan OVO. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah behaviour intention to adopt (BIA) dipengaruhi secara signifikan oleh variabel laten compatibility dengan nilai koefisien yaitu 0.330. Sedangkan innovativeness dan perceived technology security berpengaruh positif namun tidak signifikan pada variabel BIA. Variabel behaviour intention to recommend (BIR) dipengaruhi positif secara signifikan oleh variabel laten BIA dan berpengaruh sebesar 0.880.

Article Details

Section
Articles