Analisis Strategi Multihoming pada Platform Ride-hailing dengan Metode Case Study Research (CSR)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menganalisis strategi multihoming yang diterapkan oleh pengemudi platform ride-hailing, khususnya taksi motor, sebagai bentuk adaptasi terhadap dinamika industri yang semakin kompleks. Multihoming merujuk pada praktik penggunaan lebih dari satu platform ride-hailing, baik secara bersamaan maupun bergantian, untuk memaksimalkan peluang mendapatkan penumpang. Menggunakan metode Case Study Research (CSR) dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara semi-terstruktur terhadap 16 pengemudi taksi motor di Surabaya yang aktif menggunakan minimal dua platform dalam enam bulan terakhir. Analisis data dilakukan menggunakan teknik open coding untuk mengidentifikasi pola tindakan adaptif yang dilakukan pengemudi. Penelitian ini menghasilkan empat tipologi strategi multihoming berdasarkan dua dimensi yaitu Decision Orientation dan Platform Usage yaitu: Opportunistic Chaser, Strategic Loyalist, Adaptive Switcher, dan Strategic Planner. Strategi ini berkembang dalam jangka pendek dan panjang, serta berperan dalam menjaga kestabilan pendapatan dibandingkan meningkatkan penghasilan secara langsung.
Article Details
Copyright
All rights reserved. No part of this publication may be reproduced, stored in a retrieval system or transmitted in any form or by any means electronic, mechanical, photocopy, recording or otherwise, without the prior written permission of the journal.