Pembuatan Purwarupa Digital dengan Pendekatan Design Thinking Sebagai Strategi Bisnis di PT XYZ
Main Article Content
Abstract
Dalam mencapai keunggulan bersaing, perusahaan perlu menyusun strategi dengan pendekatan yang tepat. Salah satu cara memenangkan persaingan di era digital adalah dengan melakukan digital transformasi. Proses digital transformasi memungkinkan perusahaan memberikan informasi lebih cepat kepada user. Namun perlu diwasapadai atas proses digital transformasi yang tidak berbasis user-cetered karena berpotensi menyebabkan digital transformation trap. Penelitian ini dilakukan pada PT. Kastara Group Indonesia, merupakan perusahaan yang bergerak pada perdagangan besar dan saat ini sedang dalam proses penyusunan strategi tumbuh kembang bisnis pada perusahaan. Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus tunggal holistik digunakan untuk mendapatkan data mendalam pada proses penyusunan strategi digital transformasi berbasis user-centered. Penelitian ini mengungkapkan implementasi design thinking pada proses digital trasnformasi yang dimulai dengan penilaian atas kondisi internal dan eksternal, dilanjutkan dengan penentuan fokus produk, proses validasi, penyusunan business model dan pembuatan mockup digital prototype.
Article Details
Copyright
All rights reserved. No part of this publication may be reproduced, stored in a retrieval system or transmitted in any form or by any means electronic, mechanical, photocopy, recording or otherwise, without the prior written permission of the journal.