Evaluasi Gim Edukasi Berbasis Kerangka Berpikir MDA
Main Article Content
Abstract
Perancangan sebuah gim edukasi memerlukan strategi yang berbeda, dibandingkan merancang gim untuk hiburan, untuk memastikan bahwa tujuan pembelajaran yang diangkat oleh gim dapat dicapai. Sehingga perlu pendekatan formal untuk memastikan strategi tersebut dapat diimplementasikan, salah satunya dengan menggunakan kerangka kerja MDA yang dapat digunakan untuk menganalisis sebuah gim edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan gim edukasi yang sebelumnya dikembangkan tanpa pendekatan MDA dengan gim edukasi yang sama, tetapi telah dievaluasi dan dikembangkan ulang menggunakan pendekatan MDA. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan yang signifikan dalam proses perancangan gim edukasi “Fable Quest” yang meliputi masukan, teknik, dan luaran. Proses perancangan yang menggunakan pendekatan MDA dapat menghasilkan gim edukasi yang tepat sasaran.
Article Details
Copyright
All rights reserved. No part of this publication may be reproduced, stored in a retrieval system or transmitted in any form or by any means electronic, mechanical, photocopy, recording or otherwise, without the prior written permission of the journal.