Analisis Faktor yang Memengaruhi User Loyalty dan User Commitment Pada Penggunaan Mesin Pencari non-Google Dengan Variabel Mediasi Search Engine Value
Main Article Content
Abstract
Dengan banyaknya pengguna serta jenis search engine, user cenderung menggunakan satu jenis search engine saja yang dirasa telah bisa memenuhi hasil kueri yang diharapkan user. Hal tersebut menyebabkan ketimpangan jumlah user antara Google dengan search engine lainnya sehingga penting untuk dilakukannya pengukuran terhadap variabel yang dapat memberikan pengaruh terhadap komitmen dan loyalitas user dalam penggunaan search engine. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan Confirmatory Factor Analysis untuk menguji model dan dilakukan pemodelan Structural Equation Modeling untuk menguji hipotesis. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah loyalitas user dipengaruhi signifikan oleh kepuasan user dan inovasi. Sedangkan untuk komitmen user dipengaruhi signifikan oleh kepuasan user dan inovasi. Didapatkan pula hasil bahwa nilai mesin pencari memiliki peran sebagai partial mediation untuk variabel seperti fungsional terhadap kepuasan dan inovasi, variabel aestetik terhadap kepuasan, dan inovasi. Terdapat pula saran rekomendasi perbaikan variabel terukur dan penambahan variabel pendukung loyalitas dan komitmen user sebagai saran penelitian selanjutnya.
Article Details
Copyright
All rights reserved. No part of this publication may be reproduced, stored in a retrieval system or transmitted in any form or by any means electronic, mechanical, photocopy, recording or otherwise, without the prior written permission of the journal.